Rabu, 23 November 2011

10 Secrets of Successful Leaders

Fakta menunjukkan bahwa Indonesia dan dunia sedang mengalami defisit kepemimpinan yang mampu membawa dunia pada keadaan yang lebih baik. Pemimpin nasional saling bertengkar, menutupi kekurangan mereka dalam menunjukkan karakter kepemimpinan menyebabkan mereka pergi keluar menunjuk-nunjuk orang dan mencari pelampiasan. Bahkan di dalam perusahaan banyak ditemukan posisi-posisi kunci tetapi sedikit yang memiliki kualitas untuk menduduki posisi-posisi tersebut. Conference Board CEO dalam rilis surveinya mengumumkan bahwa beberapa tantangan dan isu spesifik yang akan dihadapi baik organisasi nirlaba maupun organisasi laba di seluruh dunia menghadapi tahun-tahun setelah 2010, yaitu tantangan globalisasi, kompetisi yang sangat ketat, perubahan besar dalam pengetahuan dan sosial, kemajuan ilmu dan teknologi, serta tumbuhnya diferensiasi dalam tenaga kerja, pelanggan, dan stakeholder.

Donna dan Lynn Brooks mengungkapkan rahasia pemimpin-pemimpin perusahaan dalam hal kepemimpinan. Rahasia-rahasia itu adalah:
1. Berpikir Lintas-Fungsi--memiliki pengetahuan dan memanfaatkannya. Mereka yang memiliki kemampuan intelektual, tetapi juga mampu memecahkan masalah dan membuat keputusan. Orang yang senantiasa belajar untuk menghadapi tingkat kompleksitas yang semakin tinggi.
2. Memaksimalkan gaya kepemimpinan--memimpin dengan gairah, energi, dan kecerdasan emosional. Berkolaborasinya otak dan hati dalam diri seorang pemimpin.
3. Mengelola Jaringan Pengetahuan, orang-orang mengambil peran yang lebih independen dalam proses poertukaran pengetahuan dan tumbuh bersama-sama dalam sebuah organisasi.
4. Meyakinkan, Memengaruhi dan Mengomunikasikan Visi. Pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga dapat mengenalkan, membimbing dan mengarahkan semua stake holders dalam organisasi menuju visi organisasi.
5. Menciptakan Budaya yang berintegritas dan memiliki nilai. Secara konsisten berusaha mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan dengan tetap berpegang teguh pada standar tertinggi dari etika dan jaminan tanggung jawab.
6. Memimpin dalam lingkungan yang beragam. Orang yang berhasil memimpin sebuah kelompok yang homogen, tapi tidak pernah mencoba memimpin dalam situasi yang lain bukanlah orang yang sudah membuktikan diri. Orang butuh berlatih berkiprah dalam lingkungan yang berbeda-beda. Tantangan yang berbeda-beda. Dia membutuhkan daya lentur yang tinggi sehingga mampu membuat arus yang deras diberbagai jenis lingkungan.
7. Mengembangkan jaringan bimbingan, setiap kita membutuhkan mentor terbaik, maka kita harus membangun jaringan bimbingan yang dapat memberikan advis terbaik. Belajar dari yang terbaik untuk jadi yang terbaik.
8. Memperluas fokus global --
9. Membangun dan memimpin tim berkinerja tinggi, tidak ada yang membuat prestasi yang sangat besar tanpa back up sebuah tim berkinerja tinggi.
10. Memimpin dan bertumbuh dengan baik dalam lingkungan menantang. Jalan mulus dan lurus tidak akan menghasilkan pengemudi yang hebat. Untuk menjadi pemimpin hebat anda butuh tantangan yang lebih.

Buku setebal 244 halaman ini cukup komprehensif untuk memberikan gambaran hebat tentang bagaimana memulai dan merintis jalan pada kepemimpinan yang handal. Sebagai sebuah referensi buku ini layak anda baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar